Jurusan Seru dan Asik
Ilmu Komunikasi (Ilkom)
Secara definitif, ilmu
komunikasi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk mentransfer ide dari
satu individu ataupun grup ke individu dan grup yang lain. Proses transfer itu
sendiri bisa melalui media tertulis, lisan, maupun media-media yang lain.
Dengan semakin majunya taraf kehidupan manusia, kemampuan untuk berkomunikasi
dengan baik mutlak dibutuhkan dalam segala bidang. Hampir tidak ada aspek
kehidupan yang bisa lepas dari komunikasi, mulai dari bisnis sampai organisasi
semuanya memerlukan komunikasi yang efektif agar tercapai tujuan yang telah
dicita-citakan.
v
Titik berat Ilmu Komunikasi :
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
Matematika (fokus di statistika, sebagai bekal untuk penelitian kuantitatif)
Ilmu Pengetahuan Sosial
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
Matematika (fokus di statistika, sebagai bekal untuk penelitian kuantitatif)
Ilmu Pengetahuan Sosial
v
Ilmu komunikasi itu sendiri secara umum terbagi lagi menjadi 3:
- penyiaran (broadcasting): lebih banyak ke penyiaran contohnya kaya berita televisi dan radio, announcing, manjemen penyiaran, dasar2 jurnalistik dll
- periklanan (advertising): desain2 hal yang menarik yang mengandung makna yang akan disampaikan, ide2 untuk iklan,dll
- hubungan masyarakat (public relation): melakukan hubungan dengan pihak luar perusahaan,pembuatan segala macam yang dapat dijadikan pemberitaan untuk media massa yang sumber berita dari perusahaan kita,hubungan dengan media,pembangunan citra
- penyiaran (broadcasting): lebih banyak ke penyiaran contohnya kaya berita televisi dan radio, announcing, manjemen penyiaran, dasar2 jurnalistik dll
- periklanan (advertising): desain2 hal yang menarik yang mengandung makna yang akan disampaikan, ide2 untuk iklan,dll
- hubungan masyarakat (public relation): melakukan hubungan dengan pihak luar perusahaan,pembuatan segala macam yang dapat dijadikan pemberitaan untuk media massa yang sumber berita dari perusahaan kita,hubungan dengan media,pembangunan citra
v
intinya ilkom itu banyak di lapangan atau prakteknya
Kuliah sekalian praktek kerjaan, jadi kamu gak bakal kaget
sama birokrasi saat kamu keluar dari kampus dan kesempatan kerja lebih dulu
sangatlah luas, banyak chanel kerjaan, pinter2 bergaul terutama sama yg udah
kerja, banyak anak komunikasi yang udah bekerja sebgai Piar, marketing dan MC,
yang pasti kmu kudu punya daya kreatifitas tinggi, dan jangan canggung kalo kamu
aslinya pendiam, bnyak yang masuk komunikasi kepercayaan dirinya menjadi
meningkat tajam.
v
Bidang Karir Bagi Lulusan Ilmu Komunikasi
Komunikasi Massa (radio, TV, koran), Produser Acara, Programmer, Reporter, Script Writer, Manager Media, Public Relation, Business Communication, Marketing/AE, Negotiator, Perencana Periklanan, Komunikasi Visual, Desainer Grafis, Desainer Web, Animator, Ilustrator, Konsultan Komunikasi, Event Organizer, Copy Writer, Akademisi, Analis Media, Fotografer, Juru Kamera, Ilustrator, Trainner, Kolumnis, Desainer, Grafika, Editor, Penyuluh, Juru Kampanye
Komunikasi Massa (radio, TV, koran), Produser Acara, Programmer, Reporter, Script Writer, Manager Media, Public Relation, Business Communication, Marketing/AE, Negotiator, Perencana Periklanan, Komunikasi Visual, Desainer Grafis, Desainer Web, Animator, Ilustrator, Konsultan Komunikasi, Event Organizer, Copy Writer, Akademisi, Analis Media, Fotografer, Juru Kamera, Ilustrator, Trainner, Kolumnis, Desainer, Grafika, Editor, Penyuluh, Juru Kampanye
Jurusan Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang
Jurusan ini memiliki tiga peminatan,
yaitu Public Relations, Jurnalisme, serta Komunikasi Audio Visual. Secara
periodik reformasi kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan
ilmu dan dunia profesional di bidang komunikasi. Proses belajar mengajar
menggunakan peralatan multimedia dengan penekanan pada kompetensi konseptual,
manajerial dan teknikal.
Guna meningkatkan skill dan mewadahi
bakat mahasiswa, Jurusan Komunikasi menyediakan fasilitas laboratorium yang
lengkap dan representatif, meliputi lab ruang produksi, siaran TV, studio recording,
mini teather, ruang simulasi PR, stasiun radio, studio fotografi, komputer
multimedia dan desain grafis.
Sedangkan
untuk meningkatkan standing academic mahasiswa, terdapat beberapa kegiatan
komplementer, seperti seminar, kuliah tamu, studi banding, dan melibatkan
mahasiswa dalam penelitian dosen. Kegiatan mahasiswa sangat dinamis dalam upaya
pengembangan minat dan bakat seperti: JUFOC (Jurnalistic Fotography Club),
HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komunikasi), dan Kine Club (Kelompok Pecinta
Sinematografi), PR Club, Journalistic Club, adalah contoh beberapa wadah
aktivitas mahasiswa yang sudah memiliki reputasi nasional dan internasional.
Kegiatan kemahasiswaan yang mengarah pada keterampilan profesi komunikasi
sering meraih prestasi, di antaranya juara debat PR, kompetisi film dokumenter
“Eagle Awards Metro TV”, penulisan buku jurnalistik dan studi media, dll.
Alumni jurusan ini banyak terserap di institusi media massa stasiun TV,
radio, konsultan PR, dan institusi pemerintah dan swasta lainya. Jurusan Ilmu
Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) baru saja mendapatkan
penghargaan akademik sebagai Indonesia Best Schools of
Communications and Management 2013 versi Majalah Mix.
Penghargaan ini didasarkan hasil survei terhadap kampus di Indonesia yang
memiliki Sekolah Komunikasi dan Manajemen setara S1 dengan status akreditasi A.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar